Kamis, 26 Mei 2016

Pengertian, Manfaat, dan Cara Upload Video Ke Youtube

Pengertian Upload Dan Manfaatnya

Pengertian upload atau yang kita kenal unggah ialah merupakan sebuah cara atau proses yang di lakukan untuk melakukan pengiriman File atau data dari perangkat komputer atau perangkat lainnya yang memiliki koneksi internet contohnya seperti file foto, musik ataupun hal lainnya ke suatu sistem. Server dan data tersebut akan di publikasikan jaringan internet sehingga sebuah file atau data yang sudah di unggah dapat diambil atau bahkan dapat dilihat  oleh setiap orang banyak. Proses upload sangat membutuhkan sebuah koneksi jadi hal tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarangan, upload atau unggah lebih sering dilakukan oleh orang yang berkaitan atau bekerja di bidang internet atau online.

Pengertian upload berserta tujuannya
Adapun untuk pengertian atau definisi dari upload yang lainnya yaitu suatu proses atau prosedur transmisi suatu data atau file dari sebuah sistem perangkat komputer atau perangkat lainnya menuju sebuah sistem perangkat komputer berbeda atau sebuah server dan sangat berbalik arah dengan download. Jaringan internet pemakai ialah sebuah cara atau jalur untuk melakukan sebuah proses upload dari satu perangkat komputer menuju perangkat komputer yang lainnya pada saat pihak kedua meminta data atau file. Proses upload sangat tergantung dari user atau pemakai dan beberapa factor lainnya seperti koneksi internet ataupun kondisi perangkat tersebut.

Pengertian upload yang sering kita sebut unggah di atas memiliki tujuan dan berikut ialah beberapa tujuannya. Upload bertujuan agar para pengguna internet yang berada di dunia dapat memanfaatkan, melihat serta berguna untuk orang lain yang ada di dunia maya. Hal tersebut bisa di contohkan orang lain dapat menikmati karya tulisan dalam bentuk data atau file yang kita pajang dalam blog atau media sosial serta hal lainnya kemudian upload bertujuan untuk menyimpan data kita kepada server dunia supaya jika kita kehilangan data dalam komputer kita dapat mencarinya kembali dalam server dunia dan keamanan data kita dari kerusakan bisa di bilang tidak ada sama sekali selama kita masih aktif dalam penggunaan internet atau aktif dalam server yang kita masuki.

Adapun manfaat dari menupload ataupun mengunggah file kita dalam suatu server yaitu kita dapat menghemat jumlah total file yang ada dalam hardisk kita karena dalam server menyediakan kuota penyimpanan data untuk kita lalu manfaat lainnya kita dapat memberikan sebuah pengetahuan kepada pihak lain atau para pengguna internet seperti tips atau tutorial tentang sesuatu. Cara untuk mengupload pun sangat mudah kita hanya perlu memasuki sebuah situs atau web yang telah di sediakan oleh server di dunia maka dari itu kesimpulan dari pengertian upload ialah sebuah perpindahan data atau file yang bertujuan untuk kegunaan masyarakat luas khususnya para pengguna internet dengan menggunakan jaringan atau koneksi internet.



Cara Mudah Upload atau Memasukan Video ke Youtube

Pada artikel ini saya ingin berbagi kepada teman-teman bagaimana caranya meng-upload sebuah video ke youtube. Pada dasarnya mengupload video ke youtube sangatlah mudah. Youtube merupakan layanan berbagi video terbesar yang dimiliki oleh Google. Dengan adanya Youtube ini, kita bisa berbagi video kepada orang banyak.

Langsung saja, berikut ini adalah langkah-langkah meng-upload atau memasukan video ke youtube.

1. Pastikan kita sudah memiliki akun Google / Gmail. Jika belum memiliki atau belum tahu apa itu akun Gmail, Silahkan lihat cara membuat akun gmail pada link tersebut.

2. Jika sudah memiliki akun Google/Gmail, silahkan login menggunakan akun tersebut.

3. Jika sudah login, langsung saja buka situs Youtube pada link ini.

4. Setelah berada di halaman awal Youtube, klik Upload.

5. Kemudian pilih tombol merah untuk memilih video yang akan di upload.

6. Pilih filenya, kemudian klik open.

7. Setelah memilih video, maka proses upload akan dimulai.
    Sambil menunggu proses upload, silahkan isi form title, description, dan tag.

8. Jika proses upload telah 100%, klik publish.

9. Kita akan diberi konfirmasi berupa link dari video tersebut. Klik link tersebut untuk melihat video yang kita upload tadi di youtube.


Video telah berhasil di upload ke youtube. Gimana, mudah bukan? Semoga artikel ini bisa membantu Anda. Saya juga menyertakan tutorial ini dalam versi video. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar